Welcome to Nestle Store !

Background

SEJARAH NESTLE STORE

Nestle Store merupakan sebuah toko yang menjual produk-produk Nestlé. Nestle Store didirikan pada tahun 2023. Nestle Store merupakan sebuah projek yang dibuat oleh penulis di kelas XII untuk memenuhi tugas BISON (Bisnis Online).


Penulis memilih menggunakan produk NestlĂ© karena perusahaan NestlĂ© merupakan salah satu perusahaan terbesar dan terkenal di dunia yang menjual berbagai macam produk makanan ringan dan barang produksi konsumen lainnya. 


SEJARAH NESTLE SA

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1866 di Vevey, Swiss, ketika sebuah perusahaan susu berdiri di Cham, Switzerland oleh perusahaan susu Anglo-Swiss Condensed. Nestlé merupakan perusahaan makanan terbesar di dunia diukur berdasarkan pendapatannya. Produk Nestlé melipti makanan bayi, air minum kemasan, sereal sarapan, kopi, gula, produk susu, es krim, makanan hewan peliharaan dan makanan ringan. 29 merek Nestlé seperti Nespresso, Nescafé, Kit Kat, Smarties, Nesquik, Stouffer, Vittel, dan Maggi, menghasilkan lebih dari 1 miliar franc Swiss (sekitar $ 1,1 milyar) dalam penjualannya per tahun. Nestlé memiliki sekitar 450 pabrik, beroperasi di 86 negara, dan mempekerjakan sekitar 328.000 orang. Perusahaan ini adalah salah satu pemegang saham utama L'Oréal, perusahaan kosmetik terbesar di dunia.


Awal sejarah Nestle dimulai ketika pendiri Nestle, Henri NestlĂ©, yang merupakan seorang ahli farmasi Jerman meluncurkan kombinasi susu sapi, tepung terigu dan gula, yang disebut Farine lactĂ©e. Produk ini menyelamatkan seorang anak tetangga Henri karena produk ini memiliki nutrisi yang baik. 


Pada tahun 1905, perusahaan Anglo-Swiss Condensed Milk yang didirikan oleh Charles dan George Page, melakukan merger dengan Nestle. Selama bertahun-tahun kedua perusahaan ini telah saling berkompetisi secara sengit.


Ketika Perang Dunia I, perusahaan ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan baku dan pendistribusian produk pun semakin sulit. Kekurangan susu segar di seluruh Eropa memaksa pabrik-pabrik untuk menjual hampir semua pasokan mereka untuk memenuhi kebutuhan kota-kota setempat. Meskipun demikian, perang mendatangkan banyak kontrak dengan pemerintah kemudian didapatkan perusahaan khususnya permintaan susu. Untuk mengimbangi permintaan ini, Nestlé membeli beberapa pabrik yang ada di Amerika Serikat dan, pada akhir perang, perusahaan memiliki 40 pabrik di seluruh dunia.


Pada tahun 1920-an, perusahaan mengalami kesulitan ekonomi yang mendalam . Beberapa operasi dirampingkan. Namun perusahaan tetap bertahan dengan melakukan akuisisi dengan  Petrus, Cailler, Kohler Swiss Chocolate Company, yang membuat coklat menjadi bisnis integral perusahaan ini. Kerjasama ini kemudian membuahkan produk baru yang merupakan campuran susu malt dan minuman bubuk yang disebut Milo. Pada tahun 19,38, perusahaan meluncurkan produk kopi NescafĂ© yang dua tahun kemudian menuai sukses. Perusahaan kemudian meluncurkan Nestea sebagai modifikasi dari NescafĂ©. Pada perang Dunia II, produk NescafĂ© menjadi minuman pokok prajurit Amerika yang bertugas di Eropa dan Asia. 


Pada tahun 1945, yang merupakan akhir Perang Dunia II, merupakan fase awal bagi perusahaan. Puluhan produk baru ditambahkan sebagai pertumbuhan perusahaan. Produk Maggi, dari bumbu sup, menjadi bagian dari keluarga NestlĂ© setelah merger dengan Alimentana SA di tahun 1947. Pada tahun 1974, untuk kalinya perusahaan melakukan diversifikasi di luar industri makanan ketika menjadi pemegang saham utama L'OrĂ©al. Pada tahun 1977, perusahaan kemballi membuat usaha kedua di luar industri makanan dengan mengakuisisi Alcon Laboratories Inc, produsen AS dengan produk farmasi dan ophthalmic. 


Pada awal tahun 2010 lalu, perusahaan menjual saham Alcon pada Novartis untuk mengakuisisi bisnis pizza beku Kraft Foods. Pada tahun 2011, NestlĂ© melakukan kerjasama dengan perusahaan China, Yinlu, yaitu produsen susu kacang dan bubur kaleng siap minum. Pada tahun yang sama di bulan Juli, perusahaan mengumumkan dengan Hsu Fu Chi, produsen permen dan makanan ringan. 


Di Indonesia, NestlĂ© Indonesia telah beroperasi sejak tahun 1971. Saat ini perusahaan NestlĂ© Indonesia mempekerjakan 2.600 karyawan untuk menghasilkan beragam produk NestlĂ© di tiga pabrik: Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW, BEAR BRAND, dan NESTLÉ  DANCOW IDEAL; Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan NESCAFÉ serta Pabrik Cikupa di Banten untuk memproduksi produk kembang gula FOX'S dan POLO; Pabrik di Karawang memproduksi DANCOW, MILO, dan bubur bayi NestlĂ© CERELAC.  

MOTO NESTLE

Dengan Moto NestlĂ© “Good Food, Good Life”, perusahaan berkomitmen untuk mengombinasikan ilmu dan teknologi guna menyediakan produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia akan makanan dan minuman bergizi, serta aman untuk dikonsumsi serta lezat rasanya.